2009/11/17

Ichinogami atau Paper Toys


Bagi sebagian orang kertas bisa jadi ajang ekspresi kreatifitas seperti yang bakal kita lihat berikut ini. Hanya dengan kertas HVS dibantu lem, gunting dan peralatan sederhana bisa tercipta aneka bentuk lucu, seperti karakter komik.

Aneka model kertas itu dibuat oleh siswa di sebuah sekolah pinggiran kota Surabaya pada waktu pembelajaran membuat model atau miniatur dari kertas. Kebetulan karena pembelajaran ini dilakukan tiap minggu selama 4 kali pertemuan, mereka membuat itu dengan secara manual dengan menggunakan aneka peralatan sederhana. Modalnya berupa kertas HVS, pensil, pensil warna dan crayon, gunting, pengaris besi, lem, kater dan pingset. Pokoknya murah meriah lah.


Apa yang mereka bikin itu dikenal juga sebagai ichinogami, seni membentuk kertas dari Jepang. Agak berbeda dengan origami yang merupakan seni melipat kertas, dalam ichinogami ini yang juga harus ada adalah gunting atau kater.
Tapi ini pastinya juga menuntut ketelitian dan ketekunan. Secara memotong dan melipat kertasnya itu kan harus benar-benar pas, kalau tidak wah bisa jelek hasilnya. Tapi kalau sekalinya sudah berhasil bisa kecanduan.

Ichinogami punya banyak jenis. Ada hako yang cocok untuk pemula. Hako adalah model yang berbentuk kotak atau kubus. Trus ada bentuk blok seperti rumah Jepang. Sedangkan yang paling sulit adalah berbentuk kurfa seperti karakter kartun Jepang.
selebihnya lihat >>>

1 komentar:

sandy mengatakan...

emang mirip soalnya yang ngerjain kan siswa jadi referensinya ya dari internet, cuman bedanya mereka ngerjainnya pake manual... ok!

Search This