2009/11/03

PAMERAN SENI RUPA "Ugh…"


Ugh…merupakan pameran seni rupa yang diselenggarakan di Galeri Surabaya pada bulan April tahun 2003, pameran ini adalah pertama kali yang dilakukan oleh sekelompok perupa muda dari jurusan seni rupa UNESA angkatan 1999 dan 2000. Tema Ugh…dalam pameran tersebut, mungkin terdengar seperti sekedar main-main, namun bagi kelompok ini tema Ugh… adalah onomatopea yang diambil dari bunyi yang berasal dari rasa sakit diperut. Ugh… merupakan kegelisahan, keinginan dan semangat untuk melangkah menuju sesuatu yang lebih dari apa yang sudah dilakukan, serta keberanian untuk mengkomunikasikan karya-karya pada khalayak atau apresiator diluar kampus, dengan sekaligus kelompok ini mencoba untuk siap mental dalam menerima kritik dan caci maki.

Dalam pameran ini, para perupa muda UNESA lebih banyak memakai media eksperimen, seperti yang dilakukan oleh gerakan-gerakan seni rupa di Indonesia sebelumnya. Sebab karya-karya seperti itu dianggap karya yang bisa mempresentasikan dari spirit pembaharuan dari perupa akademik, dengan menampilkan karya-karya yang berbentuk ready made, instalasi dan lukisan mix media. Pameran ini diikuti oleh sekitar 10 mahasiswa, 1dosen dan 1 perupa tamu. Mereka diantaranya: Anang Prahara, Andi Sulistiono, Boy Kurniawan, Eddy Fals, Feri Nur Alis, Ferrisal, Khoirul Suya, Ngadiono, Sandy, Sifin Ghani, Sugeng, dan Winarno.
http://64.203.71.11/kompas-cetak/0304/08/jatim/243099.htm

2009/10/28

Jangan Kencing Di Sini


akrilik diatas kanvas 180 cm x 128 cm tahun 2008 


BIENNALE SENI RUPA JATIM III 2009 11-18 DESEMBER 2009


BIENNALE SENI RUPA JATIM III 2009 11-18 DESEMBER 2009
Mengurai akar budaya Ketika berbicara mengenai akar budaya maka yang terlintas dalam pikiran kita adalah kesenian tradisi kita yang telah dilupakan,terpinggirkan dan tidak dikelola, dihidupi sebagai spirit untuk melahirkan karya-karya seni kekinian. Akar budaya tersebut tidak dipelajari sebagai sebuah ruang yang membangun keasalan hidup. Padahal pada budaya lokal kita akan mendapatkan pelajaran hidup tentang kearifan lokal,kepandaian dan kejeniusan lokal yang pada masa lalu bisa dilihat pada bangunan candi,relief candi,lukisan kaca,wayang beber,damar kurung,topeng tradisi,keramik malo,batik tulis dan sebagainya.

Pada realitasnya biarpun akar budaya itu telah menyatu dalam tubuh yang membentuk sebagai manusia sekitar pesisiran,perbukitan,sungai brantas,Candi,perkotaan,dan pegunungan. Budaya itu tidak nampak karena yang dipelajari hanya kulitnya belum pada esensinya. Maka yang lahir ketidak mengertian kita tentang budaya kita sendiri yang sehari-hari telah menyatu dengan ruh,darah,dan jiwa. Keindahan lokal yang penuh makna hanya dipahami sebagai sesuatu yang akan membawa pada romantisme “kelangenan”.


Betulkah ? Mari dalam Biennale Jawa Timur III 2009 ini kita urai benang-benang akar itu untuk menumbuhkan spirit melahirkan karya-karya seni rupa kontemporer yang berdasarkan akar budaya kita masing-masing. berhenti sejenak untuk mengurai lalu mengeksplorasi apa yang telah kita dapat pada akar budaya yang sebenarnya telah lama masuk dalam kehidupan kita. Bukan berarti kita harus menggambar wayang kulit,lukisan kaca,wayang beber dan lainya. Tetapi bagaimana kita mengeksplorasi lalu membuat eksperimentasi yang akan melahirkan karya baru dalam ranah seni rupa di Indonesia. Tim: Freddy H. Istanto (Konsultan),Asri Nugroho, Agus Koecink

Search This