2009/11/17

Seni Rupa Modern Vs Seni Rupa Kontemporer

Seni Rupa Modern

Sebelum memasuki kajian tentang seni rupa modern, kita harus memahami terlebih dahulu apakah yang dinamakan dengan “seni rupa modern” tersebut, kalau berbicara tentang seni rupa pastilah sudah tidak asing lagi. Maka tinggalah tentang arti kata “modern” yang masih dipertanyakan.
Kalaupun secara kronologis batasan seni rupa modern dan menyempitkan hanya pada karya-karya yang diciptakan pada waktu atau jaman modern, maka akan mengalami kesulitan, dimana dan kapan mulainya seni rupa modern.
Istilah “modern” dalam hal ini tidak selalu dihubungkan dengan waktu. Menurut Canady “Modern art begins nowhere because it begins everywhere. It is fed by a thousand roots, from cave painting 30,000 years old to the spectacular novelties in the last week’s exhibitions”. (dalam Soedarso, 2000:3)
Pencapaian dari masa ke masa di banyak tempat di dunia, turut membentuk seni modern, sehingga susah menentukan kapan dan dimana periode seni rupa modern itu bermula. Memang seni rupa modern tidak terbatas oleh hal-hal yang dapat dilihat mata seperti obyek lukisan ataupun corak dan gaya tertentu, melainkan lebih pada sikap batin sang seniman.
Sehingga seni modern tidak kenal lagi batas-batas daerah dengan kekhasannya, melainkan menjadi universal sifatnya. Namun dalam seni rupa modern terdapat satu yang menonjol bahkan menjadi ciri khasnya adalah “kreativitas”. Sedangkan konsep dasar dalam seni modern adalah lebih cenderung ‘seni untuk seni’.
Dalam duni seni rupa modern pastilah tidak lepas dari Istilah ‘avant-garde’. avant-garde pada mulanya diperkenalkan oleh pelukis Prancis, Henri de Saint-Simon, ketika tahun 1825 ia membentuk perhimpunan seniman, ilmuan dan industrialis, yang bertujuan membangun masa depan dengan pemikiran-pemikiran positif. Sedangkan avant-garde yang mempengaruhi pembentukan modernisme, terbagi menjadi dua (2) yaitu; avant-garde heroik (Heric Avant Garde) dan avant-garde kaum murni (Purist Avant Garde). (Supangkat, 1993:16-17)
Berikut diagram tentang perkembangan seni rupa modern menurut pendapat Soedarso (2000:176)


Untuk lebih mengetahui tentang seni rupa modern, merujuk pendapat Amy Dempsey dalam bukunya Style, School and Movements, yang membagi seni rupa modern menjadi 5 (lima) periode, yaitu:
Rise of the Avant Gardes (1860-1900)
Modernisms for a Modern World (1900-1918)
Search for a New Order (1918-1945)
A New Disorder (1945-1965)
Beyond the Avant Gardes (1965-Sekarang)
Sedangkan avant-garde yang tumbuh setelah dua avant-garde lainnya adalah avant-garde radikal yaitu avant-garde yang tidak berkaitan sama sekali dengan prinsip-prinsip modernisme, tetapi adalah sebagai penentang/pemberontak dari modernisme. Charles Jencks seorang pemikir anti-modernisme (dalam Supangkat, 1993:19) berpendapat bahwa
“Bila avant-garde lainya berusaha membangun wilayah artistik, avant-garde radikal berusaha membuka semua batas-batas wilayah profesi dan menantang semua standar, termasuk mencurigai kepekaan mereka sendiri, dasarnya membongkar batas-batas yang memisahkan seni dari kehidupan”
Dalam pandangan Jencks diatas dapat disimpulkan bahwa dasar pemberontakan dari avant-garde radikal adalah menentang tradisi yang selama ini menjadikan modernisme terpisah dari kehidupan. Dari pikiran-pikiran inilah kemudian dikenal dengan konsep-konsep pasca-modernisme. 
Seni Rupa Kontemporer
Wacana seni rupa kontemporer dalam hal ini memang tidak lepas dari pandangan Jencks akan avant-garde radikal, yang mengatakan bahwa seni tidaklah lepas dari kehidupan. Pada avant-garde radikal diwarnai dengan karya-karya instalatif, video, indigenous art dan site spisific art yang dapat dikatakan trendy.
Dalam The American Heritage Dictionary (www.americanheritage.com ) seni rupa kontemporer berasal dari terjemahan frase “Contemporary Art”, kata kontemporer (Contemporary) tergolong kata sifat (adjective) dengan bentukan lain seperti: ‘contemporaries’ (noun) dan ‘contemporarity’ (adverb) yang berarti:
Belonging of the same age
Of about the same age
Current, modern
Seni rupa kontemporer secara harfiyah berarti seni rupa ‘sezaman’ atau seni rupa yang berkaitan dengan waktu (sekarang).meskipun akhirnya dalam pemahaman mengalami kerancuan baik dari definisi-definisi ataupun kualitas tertentu.
Sedangkan definisi pasti dari istilah seni rupa kontemporer dalam dunia seni rupa sebenarnya masih diperdebatkan, namun secara umum seni rupa kontemporer merujuk pendapat Jhon Griffith (dalam Mingkit, 2001:48) yang menyatakan bahwa:
istilah ‘kontemporer’ dalam seni rupa mengacu pada suatu kualitas tertentu yaitu kualitas dengan kecenderungan arah yang mencapai pada mempertanyakan kaidah-kaidah yang ada pada modernismse yang dianggap telah mencapai tahap antiklimaks atau tidak dapat mewadahai atau mengakomodasi lagi pemikiran-pemikiran yang berkembang sekarang ini.

Banyak yang mengatakan bahwa seni rupa kontemporer merupakan perkembangan terakhir dari dunia seni rupa setelah Modernisme. Jika dalam dunia budaya global perubahan ini disebut dengan “Post Modernism” maka di dunia seni rupa disebut dengan Seni Rupa Kontemporer (Contemporary Art).
Secara kronologis banyak pandangan yang mengatakan bahwa seni rupa kontemporer dimulai sesudah tahun 70-an sebagai tanda akan keterbukaan diri pada kecenderungan sosial dan budaya. (Mingkit, 2001:50-52)
Lain dari itu adalah pendapat yang menganggap bahwa seni rupa kontemporer dimulai sekitar 50-an atau pada akhir Perang Dunia II, dimana akibat tekanan dari Hitler, pusat perkembangan seni rupa mengalami pergeseran dari Paris ke New York yang disebabkan eksodus orang-orang Eropa ke New York yang termasuk seniman dan intelektual. (Dempsey, 2002:188)
Berikut ini diuraikan secara sekilas aliran-aliran yang muncul dalam perkembangan seni rupa kontemporer menurut pandangan kedua (perkembangan seni rupa dilihat dari pergeseran pusat seni rupa dari Paris ke New York), diantaranya yaitu:
Abstract-Expresionism/Abstrak-Ekspresionisme (sekitar tahun 1950)
Dengan tokoh utamanya diantaranya seperti Arshile Gorky, Willem de Kooning, dan Jackson Pollock.
Pop Art (sekitar tahun 1958)
Dengan tokoh utamanya diantaranya seperti Jasper Jhons, Andy Warhol, dan Robert Rauschenberg.
Photorealisme (Realisme Fotografi)
Op Art/Optical Art
Happening Art/Performance Art
Installation, Site Work, Video Art
Minimalis Art, Conceptual Art
Land Art, Environmental Art


Menyelami Bisnis Cetak Digital Pin, Kaos dan Mug

Berwiraswasta terkadang menjadi momok bagi sebagian orang karena bingung memilih  bisnis apa yang cocok dan berprospek ke depannya. Terlebih lagi masalah modal dan kemampuan keterampilan masih sering menjadi kendala.

Namun jika jeli, maraknya kebutuhan perusahaan untuk produk promo cetak yang dikemas dalam beberapa media seperti cangkir, kaos, pin dan lain-lain, mungkin bisa menjadi pilihan untuk memulai bisnis.

Adalah Lembaga Pendidikan Teknologi Terapan Indonesia (LPTTI) yang menyediakan pelatihan berbisnis usaha cetak digital mulai dari cetak pin, kaos, mug, ID Card, piring, keramik, kain, tas dan lain-lain. Calon wirausahawan akan dibekali beberapa keterampilan seperti komputer desain grafis, operasional mesin cetak digital, penggunaan beberapa media cetak dan lain-lain.

Menurut seorang Tutor LPTTI Yanwar Katamsi mengatakan bahwa prospek bisnis cetak digital untuk media khusus promo ke depannya masih cukup menggiurkan. Pelatihan ini kata dia, sebagai investasi awal bagi wirausahawan baru yang akan memulai usaha dengan modal dan operasional usaha yang relatif mudah.

Yanwar mengatakan bisnis cetak digital bisa dijalani sebagai bisnis sambilan khususnya bagi orang yang masih bekerja atau belum bekerja tanpa harus bersusah-susah membuka gerai khusus. Namun kata dia bisnis ini sangat tergantung dengan kemampuan menembus pasar dengan menawarkan jasa cetak digital kebeberapa perusahaan atau instansi yang memerlukan media cetak promo.

Selain itu, bisnis cetak digital media promo bisa dilakukan dengan membuka gerai khusus seperti di areal kampus, pusat-pusat perbelanjaan dan lain-lain. Dikatakannya pasar dari segmen ini lebih pada anak-anak muda misalnya untuk produk kaos, namun khusus untuk produk pin cukup kenceng pada saat kampanye, acara-acara khusus promo. Bahkan untuk produk mug (media cetak keramik seperti cangkir) cukup laris dipesan oleh-oleh perusahaan maupun instansi khusus seperti rumah sakit dan lain-lain.

"Untuk modal kerja investasi alat tidak lebih dari Rp 15 juta (pin, kaos, mug, ID card)," kata Yanwar saat berbicang dengan detikFinance, Kamis malam (25/6/2009).

Ia mencontohkan untuk pemula yang akan terjun khusus untuk produk pin, setidaknya harus merogoh kocek untuk alat pres pin Rp  2,1 juta, cutter pemotong Rp 125.000,
printer khusus dokumen foto Rp  2,1 juta, perangkat computer Rp 4 juta. Sedangkan untuk barang modal seperti material pin Rp 80.000 mencakup 100 buah dan kertas catak Rp 40.000 sebanyak 100 lembar.

Beberapa produk pin sangat bermacam-macam variasinya mulai dari jenis pin pengait, jenis magnet, tutup botol, gantungan kunci dan lain-lain. Selain itu, untuk produk lainnya seperti kaos, mug, id card harus menggunakan mesin cetak khusus lainnya.

Bicara soal margin, untuk satu buah pin, bisa diambil keuntungan Rp 1.000-1.500 per buah, dengan harga jual pin mulai dari Rp 3.000-3.500 per buah. Sedangkan untuk jenis catak kaos, harganya mulai dari Rp 40.000-60.000 sangat tergantung dengan jenis bahan dan warna kaos dengan margin yang cukup menggiurkan.

"Dari pengalaman yang ada balik modal dari usaha ini bisa 4 bulan. Seperti di Bogor, ada peserta didik yang punya langganan rumah sakit  khusus untuk  pesan mug," jelasnya.

Ia mencontohkan untuk produk pin, jika mampu menjual 50 pin per hari maka balik modal selama 4 bulan relatif lebih mudah, sedangkan untuk kaos hanya cukup menjual 5-6 kaos buah per hari dan untuk mug 10 buah per hari.

"Intinya dari bisnis ini pemasarannya, si pelaku harus jeli sekali," jelasnya.

Yanur menambahkan secara umum dari bisnis ini lebih mengincar segmen anak muda, dan masuk katagori bisnis  kreatif. Ia mengakui pemain di bisnis cetak digital untuk kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta sudah lumayan banyak.

"Bisnis ini masih sangat prospek di daerah-daerah, sangat menjanjikan," serunya.

LPTTI menggelar beberapa kelas pelatihan dengan biaya mulai dari Rp 1 sampai 1,5 juta untuk 10 kali pertemuan selama 2-3 minggu dengan jadwal pertemuan yang bisa disesuaikan peserta. Untuk kelas reguler dibuka mulai Senin-Kamis siang hari, sedangkan kelas khusus dibuka Senin-Kamis untuk sore dan malam hari dan kelas eksekutif dibuka Sabtu-Minggu.
 
Suhendra - detikFinance

Ruang Pamer

Tempat pameran yang paling umum dikenal adalah Museum, dan setelah itu Galeri, selain tempat-tempat tertentu yang dipakai berpameran secara insidental.

Museum berasal dari kata “Mouseion” dalam bahasa Yunani yang mengacu pada Shrine of the muses yaitu lemari tempat penyimpanan barang-barang suci. Sedangkan di dalam The American Heritage Dictonary of English Leaguage Forth Edition (www.AmericanHeritage.com, 2004) menyebutkan bahwa museum memiliki arti sebuah bangunan yang dapat dilihat orientasi kerja atau aktifitas yang meliputi akuisisi, konservasi, pameran dan interpretasi yang mendidik.
Ruang Pamer
Galeri berasal dari kata “Galeria” dari bahasa Inggris abad pertengahan dan “ Galilee” dari bahasa prancis utara kuno yang mempunyai arti relatif lebih banyak dibanding kata museum. Dua diantaranya adalah :
Bangunan sebagai tempat pameran yang apresiatif dan non komersial
Bangunan sebagai tempat pameran yang bersifat menjual (komersial). (Mingkit, 2001:68)
    Ruang Pamer
    Pengertian museum dan galeri sering memiliki kesamaan arti dikarenakan keduanya adalah suatu tempat yang berfungsi utama sebagai tempat memamerkan obyek dan artefak. Namun setelah melewati waktu tertentu serta perkembangan museum dan galeri memperlihatkan pergeseran makna dan pemahaman mengenai fungsinya sejalan dengan perkembangan jaman. Seperti yang dituliskan Duncan Cameron 1971 bahwa museum kini memiliki dua jenis peran yaitu peran museum yang lama dan peran museum yang baru. Peran museum yang lama adalah sebagai kuil, yaitu museum memainkan fungsi universal dan melampaui batasan masa. Peran museum yang baru sebagai forum adalah suatu tempat untuk pertentangan, eksperimentasi dan debat. (dalam Mingkit, 2001:71)
    Dalam konteks seni, museum, galeri dan tempat-tempat yang sering dipakai sebagai tempat berpameran adalah termasuk dalam konteks seni rupa. Tanpa kehadiran tempat-tempat ini, proses berkarya atau berkesenian bagi seniman menjadi kurang berarti. Karena melalui tempat-tempat ini para seniman bisa mendialogkan aspirasi-aspirasinya lewat karya seni kepada pihak seni atau masyarakat pada umumnya.
    Biasanya setiap negara atau kota memiliki museum atau Galeri Nasional, dan juga tempat-tempat pameran yang dikelola oleh pemerintah. Di Indonesia misalnya di setiap kota memiliki Dewan Kesenian dan Taman Budaya. Namun setelah dalam perkembangannya Dewan Kesenian dan Taman Budaya sudah tak dapat lagi berperan, maka banyak institusi museum atau galeri yang dikelola oleh swasta yang bersifat pribadi, seperti Museum Affandi (Yogyakarta), Museum Widayat (Magelang) dan Museum Nyaman Gunarso (Bali) dan lain-lain.
    Ruang-ruang pamer ini dianggap menjadi jembatan antara seminan dengan masyarakat. Sehingga sarana berkomunikasi ini kemudian menjadi sangat mempengaruhi dan dipengaruhi oleh berbagai faktor di sekelilingnya.
    Namun pada kenyataannya museum memiliki visi dan birokrasi yang berbeda dan cukup spesifikasi, sehingga tidak mampu menampung berbagai ide, gagasan seniman dan praktisi seni. Sehubungan dengan itu semakin berkembanglah galeri-galeri swasta yang cenderung pada komersil, dan ruang-ruang alternatif yang dikelola para praktisi seni bahkan seniman sendiri yang diistilahkan oleh Irianto (2004 : 7) dalam Buletin Surat vol. 19 Cemeti dengan Artist-Run Space dan Artist Initiative, yang bekerja berdasarkan visi masing-masing.
    Disadari atau tidak disadari ruang-ruang pamer ini menjadi bermuatan dan relatif tidak lagi netral, disebabkan oleh image dan ideologi yang ada dalam sebuah ruang pamer yang tercipta dari pandangan-pandangan kesenian dari pengelolanya. Ruang-ruang yang dikelola oleh seniman sendiri (Ruang alternative) di Indonesia, semakin marak yang berada diseputar daerah kesenian arus utama semisal, Galeri Cemeti sekarang Cemeti Art House (Yogyakarta), Ruang Rupa (Jakarta), Selasar Sunaryo Art Space (Bandung) dan Klinik Seni Taxu (Bali) dan Kecil Art Studio (Surabaya).


    Search This